LOKMIN,PUSKESMAS MUNGO WUJUDKAN KECAMATAN SEHAT

by Admin | Category Kesehatan | Senin, 17 Februari 2020

122 Dibaca

Kec. Luak - Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektor Puskesmas menjadi penting. Wadah ini menjadi sumber utama dalam perencanaan dan penjaringan umpan balik pada Rencana Usulan maupun Rencana Pelaksanaan Kegiatan Puskesmas kedepannya menuju kecamatan sehat.

Kegiatan yang dihadiri oleh Forkopimca, UPTd, Wali Nagari, Kepala Jorong, Kader yandu, PKH dan Tokoh Masyarakat se Kecamatan Luak ini dilaksanakan di Aula Kantor Camat Luak Rabu (12/2/2020).

Lokmin Lintas Sektor Triwulan I Tahun 2020 ini, Camat Luak Drs. Muftil Wahyudi menyatakan, kalau pihaknya dan jajaran Lintas Kecamatan, mengungkapan bahwa Lokmin ini untuk memelihara kerjasama lintas sektoral Kecamatan dalam rangka melakukan upaya optimalisasai peran Lintas Sektoral, dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan menuju Kecamatan Luak Sehat.

Kegiatan ini merupakan upaya dalam meningkatkan Pola Hidup Sehat masyarakat menuju Kecamatan Luak Sehat. " ujarnya dalam sambutan

“ dengan adanya kerjasama lintas sektoral ini, penanganan masalah kesehatan akan mudah ditangani, Masalah kesehatan ini tidak bisa diselesaikan oleh tenaga kesehatan sendiri, tentu berkaitan dengan lingkungan dan sebagainya," ujarnya.

Menurutnya, adanya kegiatan tersebut salah satunya adalah menjadi langkah strategis, untuk menentukan arah kebijakan pembangunan kesehatan masyarakat yang lebih baik kedepannya.

"Hasilnya kita berharap ada peningkatan derajat kesehatan masyarakat, secara khusus di Kecamatan Luak," ucapnya.

Kepala Puskesmas Mungo Drg. Meylita Wise Utami dalam arahannya menjelaskan sekarang ini masyarakat harus diberikan pemahaman yang kuat tentang bidang kesehatan.

“Lokmin ini bertujuan untuk menginformasikan dan mengidentifikasi capaian hasil kegiatan sebelumnya, serta memecahkan masalah-masalah, dan hambatan yang dihadapi oleh lintas sektor pada kegiatan sebelumnya, dengan menganalisa dan memutuskan rencana tindak lanjut dengan memperhatikan masukan-masukan dari masyarakat untuk pelaksanaan program berikutnya," ungkapnya.

"Maka kita tekankan agar partisipasi ini dijalankan, kesehatan tidak bisa berjalan dengan baik kalau, masyarakat apatis terhadap masalah kesehatan ini," ujarnya.

Masalah kesehatan ini tergantung dari pola hidup masyarakat dilingkungan mereka itu sendiri. Maka dari itu didorong partisipasi dan kemandirian masyarakat.

Sementara itu, Kapolsek Luak KAPOLSEK LUHAK AKP. AMIRWAN, SH yang .hadir dalam acara tersebut. dimana dirinya sangat mendukung semua kebijakan dan program-program yang telah dilaksanakan oleh Puskesmas Mungo

"kami akan selalu mendukung program dan kebijakan Kecamatan, guna kesejahteraan masyarakat Kecamatan Luak kedepannya" ungkapnya. (arhye.Adm).

Statistik

Link Banner

Informasi Kontak

Alamat kantor:

Jalan Raya Payakumbuh-Lintau KM 08 Pakan Sabtu
 


Telephone:0752-759420
Email: kecamatan.luak.50kota@gmail.com
Website: kec-luak.limapuluhkotakab.go.id