Syukuran Pelantikan Walinagari dan TP.PKK Nagari tanjung Haro Sikabu-Kabu padang Panjang

by Admin | Category Pemerintahan | Senin, 01 Agustus 2022

36 Dibaca

Kec-Luak. Pemerintahan Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang Pada Rabu, 20 Juli lalu, di kantor Wali Nagari Tanjung Haro Sikabu-Kabu Padang Panjang digelar kegiatan Syukuran Pelantikan Wali Nagari dan Tim Penggerak Program Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK).

Dalam acara syukuran tersebut tampak puluhan ucapan selamat yang tertulis di karangan bunga berjejer di sepanjang jalan depan kantor Walinagari. Ucapan selamat itu tentu tidak lain adalah sebentuk dukungan banyak pihak atas telah dilantiknya Nofrizal sebagai Wali Nagari defenitif Tanjung Haro Sikabu-Kabu Padang Panjang, periode 2022-2028.

Kegiatan yang digelar dari siang hingga malam dalam kegiatan syukuran ini. Mulai dari arak-arakan, seremonial, menyantap juadah-juadah tradisional, hingga pada malamnya ngobrol seru jo pak wali, nonton layar tancap, hingga pertunjukan musik anak nagari.

Kegiatan inipun tidak hanya dirayakan oleh anak nagari yang berada di nagari. Tetapi juga diikuti oleh anak nagari yang ada di rantau. Ya, kegiatan syukuran ini disiarkan secara langsung melaluii media nagari. Mulai dari Facebook, dan juga Youtube.

Tepat jam 2 siang, sejumlah masyarakat umum, tokoh masyarakat, ninik mamak, forkopinca, tampak menunggu kehadiran Walinagari di halaman depan kantornya. Di ujung jalan, dari arah jorong Padang Panjang, tampak arakan berbaris cukup panjang. Dari kejauhan, tampak dua ekor kuda ditunggangi oleh dua pemuda. Di belakangnya, kuda bendi yang dipasangi renda-renda. Di belakangnya lagi, terdengar pula tetabuhan talempong dan gendang mengiringi arakan. Itulah kiranya yang sedang ditunggu-tunggu oleh ratusan tamu undangan yang datang siang itu.

Semua orang menyambut seraya menyalami Walinagari. Setiba di halaman kantor Walinagari, Talempong dan gendang kembali ditalu. Para gadis berpakaian merah meriah yang penuh pernak-pernik menari. “Tanda orang Minang baralek gadang”, begitu kara orang-orang.

“Dengan anggaran yang terbatas, namun dengan semangat yang menyala dari kawan-kawan peangkat beserta BAMUS Nagari dan jajarannya, serta juga gairah dari ibu-ibu PKK nagari, syukuran yang sederhana ini bisa berjalan semeriah ini,” kata Waolinagari dalam Sambutannya.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, sebenarnya kami ingin meminta doa serta dukungan kepada yang hadir. Mudah-mudahan 6 tahun ke depan, kita bisa kembali duduk bersama untuk merayakan dan mensyukuri pencapaian-pencapaian dalam pembangunan nagari. Serupa yang telah kami rumuskan dalam visi dan misi pemerinta nagari. Menjadi nagari yang berseri, bermartabat, sejahtera dan juga mampu menjadi nagari yang mandiri,” sambung Nofrizal.

“Hari ini adalah kelanjutan dan puncak dari kebulatan kedaulatan yang telah kita sepakati secara bersama beberapa bulan lalu. Pemilihan Walinagari yang demokratis telah mengantarkan saudara Nofrizal menjadi pemimpin kita selama 6 tahun ke depan,” singgung Ketua Bamus Eka Ridhaldi Alka.

Senada dengan itu, mewakili kepala dinas pemberdayaan masyarakat desa dan nagari, menyampaikan bahwa, sebagai panitia pemilihan di tingkat kabupaten ia cukup bangga dan patut berterimakasih kepada masyarakat nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang telah menyukseskan pemilihan yang badunsanak dan demokratis.

Terakhir, Dt. Rajo Sinaro sebagai ninik mamak di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang juga menyampaikan harapannya terhadap Walinagari. Dengan senang hati, ninik mamak akan menyediakan banyak waktu untuk bermusyawarah mufakat untuk kemajuan nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang ke depannya.

Tak kalah serunya pada kegiatan siang hari. Pada malam harinya, segenap masyarakat kembali memadati halaman kantor Walinagari. Serangkaian kegiatan kreatif juga digelar. Podcast bersama Walinagari, dengan tema membayangkan nagari 6 tahun ke depan, layar tancap, serta pertunjukan musik.

Segenap masyarakat juga berpesan pada malam itu. Semoga Walinjagari bisa mengajak anak-anak nagari yang kreatif untuk kemajuan nagari ke depan. Sehingga pembangunan nagari ke depannya tidak kehilangan aroma-aroma kreativitasnya. (arhye.Adm).

Statistik

Link Banner

Informasi Kontak

Alamat kantor:

Jalan Raya Payakumbuh-Lintau KM 08 Pakan Sabtu
 


Telephone:0752-759420
Email: kecamatan.luak.50kota@gmail.com
Website: kec-luak.limapuluhkotakab.go.id