Kayu Kolek


Wisata.Kecamatan Luak 

Kayu Kolek

Kayu Kolek terletak di Selatan Kabupaten Lima Puluh kota, persisnya di jorong sikabu-kabu, Nagari Sikabu-kabu  Tanjung Haro Padang Panjang .Terhubung melalui jalan Kabupaten dan perbatasan Kota Payakumbuh. Panorama Kayu Kolek hanya berjarak sekitar 12 KM dari pusat Kota Payakumbuh, atau tepat berada di Kaki Gunung Sago yang sudah bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 ataupun roda 4. Akses jalan Kabupaten juga sudah di lapisi aspal hotmix dan rabat beton hingga ke Puncak.Panorama Kayu Kolek  terletak pada titik kordinat  garis lintang 0°17'42.51"S , garis bujur 100°39'42.40"T. 

Gambar : Puncak Pamorama Kayu Kolek dari Google eart.

Lahan Parkir kendaraan sudah tersedia dan juga baru ada penambahan lahan parkir yang dibangun pemerintah nagari dan masyarakat secara swadaya. Meski tidak terlalu luas, namun sekitar 60 unit kendaraan roda 4 sudah bisa parkir di meeting point Panorama.

Pembangunan dasar Objek wisata Panorama Kayu Kolek  menggunakan Dana Desa Nagari, pembangunan yang baru dilakukan bersifat dasar seperti Pos, kantin, Toilet/ Wc umum, Tembok Penahan Tanah , Taman , dan Letter Timbuul/ Brand Emerges (Panorama Kayu Kolek).

 

Walaupun baru pembangunan dasar yang dibangun namun pengunjung sudah membludak datang tiap harinya. Pengunjung yang datang baik dalam nagari maupun dari luar nagari seperti pengunjung dari kota payakumbuh dan sekitarnya. Di media sosialpun sudah menjadi viral , baik Facebook, TwiterInstagram, Youtube dan medsos lainnya.

View di puncak Kayu Kolek sangat menarik perhatian para pengunjung, dari puncak kita bisa melihat sudut-sudah kota payakumbuh maupun kabupaten lima puluh kota. Anda akan melihat KAYU KOLEK NEGERI ATAS AWAN di KAKI GUNUNG SAGO.

 

Sebelum diterbitkan Peraturan Nagari Tentang Pengembangan dan Pengelolaan Wisata Kayu Kolek, yang saat ini dalam proses antara Bamus dan Pemerintahan Nagari . Setelah Peraturan Nagari selesai nantinya Pengelolaan akan di kelola penuh oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG).

Untuk pengelolaan sementara diserahkan kepada Pemuda dan pemudi Jorong Setempat . Sebelum masuk anda akan menemui pos yang didirikan oleh pemuda. Disana telah disediakan Kotak  Sumbangan Sukerala untuk kebersihan.


so... bagi anda yang berkunjung belum perlu mengeluarkan duit banyak, karena pemerintah nagari belum menetapkan kontribusi bagi pengunjung untuk masuk ke kawasan Kayu Kolek anda hanya memberikan sumbangan Sukarela untuk kebersihan .

MOHON MAAF bila kotak sumbangan ini mengganggu kenyamanan Anda , sifatnya sukarela - tidak ada tarif - tidak ada paksaan. Jika anda terganggu......  , ada yang memaksa .... , laporkan kepada kami Pemerintah nagari. (085246098111).

Sumber :https://www.tanjungharosikabukabupadangpanjang.desa.id/artikel/2017/12/18/destinasi-wisata-panorama-kayu-kolek

 



 

  seSu

  • 15 Juli 2021

Statistik

Link Banner

Informasi Kontak

Alamat kantor:

Jalan Raya Payakumbuh-Lintau KM 08 Pakan Sabtu
 


Telephone:0752-759420
Email: kecamatan.luak.50kota@gmail.com
Website: kec-luak.limapuluhkotakab.go.id